1. Sejarah Singkat

Sebelum berdirinya UKM Marching Band Universitas Mataram, Universitas Mataram pernah memiliki satuan Drum Corps dengan nama “Gemuruh Gumi Gora” yang terdiri dari anggota civitas akademika baik dari lingkup pegawai dan dosen, karena kesibukan yang dimiliki setiap anggota maka kegiatan korps di liburkan untuk waktu tidak ditentukan, sampai terbentuknya UKM Marching Band Universitas Mataram pada hari selasa tanggal 20 Januari 2009 pukul 10.00 oleh persetujuan bapak Drs. Darwin selaku Pembantu Rektor III, Ir. MayaNachida, MP sebagai pembina, Muhammad Ishak,A.Ma selaku Ketua dan Ericka Wulandari sebagai sekertaris dan untuk anggota UKM diminta delegasi dari tiap faktultas serta perwakilan dari Pramuka dan Resimen Menwa sehingga terkumpul 80 orang.

Pada masa berdirinya UKM Marching Band Universitas Mataram telah beberapa kali mengadakan kegiatan untuk meningkatkan solidaritas dan kerjasama anggota yang memiliki perbedaan latar belakang hoby serta minat bakat, seperti Buka Puasa bersama di Aula Asrama Mahasiswa, membuat program kerja, keakraban dan diskusi. Pada pertengahan tahun 2009 baru diperoleh kepastian mengenai alat-alat yang akan digunakan untuk berlatih, dengan meminta bantuan anggota yang pernah mengikuti kegiatan Drum Band dan Marching Bnad untuk membantu anggota berlatih.

2. Visi dan Misi

Visi :

Menumbuhkan cinta almamater dengan dilandasi semangat kekeluargaan dan gotong royong.

Misi :

UKM Marching Band Universitas Mataram dalam mencapai tujuannya melakukan upaya :

  1. Menumbuhkan kebanggaan Unit Marching Band Universitas Mataram.
  2. Menjadi Duta Terbaik Universitas Mataram.
  3. Mempersiapkan para anggota menjadi mahasiswa dewasa, baik bagi pribadi maupun sebagai anggota Marching Band Universitas Mataram.
  4. Memberi wadah dan lingkungan untuk mengembangkan minat, bakat dan potensi anggota Marching Band Universitas Mataram menuju arah puncak prestasi, baik dalam kualitas permainan, berorganisasi, maupun berinteraksi terhadap lingkungan.
  5. Memupuk dan mengembangkan persaudaraan serta persahabatan antara rmahasiswa dalam lingkup universitas dan masyarakat umum secara regional maupun nasional.
  6. Memupuk dan mengembangkan jiwa kepemimpinan.
  7. Menumbuhkembangkan rasa percaya diri, tanggung jawab, kreatifitas serta disiplin kepada seluruh anggota.
  8. Membina dan melatih jasmani, panca indra, daya pikir, kemandirian dan keterampilan.

 

3. Struktur Organisasi

  • Ketua           :  Dian Hardianto, NIM A1A016035, Fak. Ekonomi
  • Sekretaris   :  Suprihatin Ningsih, NIM E1R015067, Fak. FKIP
  • Bendahara  :  Nur Arafah, NIM E1E215112, Fak. FKIP
  • Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi (INKOM) : Anggit Ibnu Ilyasa, NIM C1M016011, Fak. Pertanian
  • Kepala Bidang Dana dan Usaha (DANUS) : Wizatul Ika Wulandari, NIM C1G016239, Fak. Pertanian
  • Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Anggota (PSDA) : Baiq Rizki Azimatul Wahdah, NIM E1F 014007, Fak. FKIP
  • Kepala Bidang Logistik : Tegar Salahuddin, NIM C1L016101, Fak. Kehutanan
  • Kepala Bidang Teknis : Naba Nunun Lamhabaha, NIM E1R015041, Fak. FKIP

 

4. Program Kerja

1. Pembekalan Pengurus

Program ini merupakan program pertama di awal kepengurusan yang berupa penyampaian materi mengenai jiwa kememimpinan dan management organisasi serta bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada pengurus baru tentang bagaimana mengelola suatu organisasi.

2. Pelantikan Anggota Baru

Agenda Pelantikan Anggota Baru menjadi agenda rutin yang dilaksanakan oleh UKM Marching Band Universitas Mataram yang bertujuan untuk meresmikan Calon Anggota (CA) menjadi anggota resmi UKM Marching Band Universitas Mataram.

3. Penerimaan Calon Anggota Baru

Kegiatan Penerimaan Calon Anggota Baru merupakan salah satu upaya untuk menyiapkan Player’s (kader) berbakat dengan penuh pengabdian di masa mendatang. Tujuan dari Penerimaan Calon Anggota Baru ini adalah sebagai tempat menyalurkan minat aktivitas organisasi bagi mahasiswa sehingga  menghasilkan generasi muda yang mempunyai pola pikir baik sebagai wujud nyata kemampuan Player’s dalam memainkan instrumen musik.

4. Couching Clinic

Kegiatan ini merupakan kegiatan pelatihan drum band dan marching band yang dilakasanakan sekali setahun, dimana pemateri diisi oleh pemateri bertaraf nasional. Peserta dari acara ini sendiri yaitu dari kalangan umum yang berkecimpung di dunia drum band dan marching band khususnya yang ada diwilayah Nusa Tenggara Barat. Kegiatan ini dilaksanakan 2 hari dan dilaksanakan di dalam ruangan.

5. Genderang Merah Putih

Marching Band Universitas Mataram merupakan wadah yang digagas oleh mahasiswa Universitas Mataram yang peduli pada keberadaan serta perkembangan Drum Band/Marching Band di NTB. Untuk itu UKM Marching Band Universitas Mataram mencoba menggagas program kegiatan Lomba Drum Band/Marching Band Se-NTB sebagai upaya penuangan ekspresi bagi kelompok/grup Drum Band/Marching Band baik yang ada di Pulau Lombok maupun Sumbawa. Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan kegiatan yang sehat dan terarah bagi pelajar tingkat SD/MI sederajat, SMP/MTS sederajat, SMA/MA/SMK sederajat dan Generasi Muda, agar terhindar dari kenakalan remaja  dan  tindakan-tindakan  yang kurang terpuji, menumbuhkan jiwa nasionalisme, patriotisme serta menggalang persahabatan diantara band peserta sebagai Wujud Pendidikan Karakter.

 

5. Foto Kegiatan

Foto-foto kegiatan UKM Marching Band Universitas Mataram dapat dilihat disini