1. Sejarah

Pusat informasi konseling mahasiswa (PIKM) adalah suatu wadah kegiatan program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB), khususnya Program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR) yang dikelola dari, oleh dan untuk mahasiswa guna memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi serta perencanaan kehidupan berkeluarga. Sebagaimana kita ketahui pada tahun 2010 jumlah remaja umur 10-24 tahun termasuk mahasiswa sangat besar terdapat sekitar 63 juta atau 26,8 %  dari jumlah penduduk Indonesia sebanyak 233 juta (Proyeksi Penduduk Indonesia tahun 2000-2025, BPS, Bappenas, UNFPA, 2005). Disamping jumlah yang besar tersebut, mahasiswa juga memiliki permasalahan yang kompleks. Masalah yang menonjol dikalangan mahasiswa misalnya masalah seksualitas, terinfeksi Penyakit Menular Seksual (IMS), HIV/AIDS, penyalahgunaan Napza dan sebagainya. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah-masalah yang dialami mahasiswa adalah melalui PIKM. Maka keberadaan PIKM di tengah mahasiswa sangatlah penting.

Pikm cerah aktif memberikan konseling dan penyuluhan terkait masalah yang dialami mahasiswa dan remaja. Sejak berdiri pada tanggal 10 November 2010 hingga sekarang PIKM CERAH Unram masih aktif melakukan konseling dan penyuluhan serta berbagai kegiatan menarik lainnya yang dapat menarik minat remaja. Saat ini PIKM Cerah Unram memiliki anggota sebanyak 70 orang dan hanya 35 orang yang tergolong aktif. Dalam menjalankan program kerjanya, tidak jarang PIKM Cerah melakukan kerjasama dengan organisasi lainnya.

 

2. Visi dan Misi

Visi

“PIK-M CERAH Unram adalah Center OF Excellence for Empowered Youth.

Misi

  1. Meningkatkan profesionalisme dan mutu karakter anggota baik di bidang imformasi, penyuluhan dan konseling serta bidang managerial.
  2. Bersikap tegas dan objektif terhadap prmasalahan yang melingkupinya.
  3. Mandiri dan unggul serta menjadi advokasi remaja.
  4. Berkerja sama dengan instansi pemerintah/swasta/organisasi-organisasi sejauh tidak bertentangan dengan ADRT dan GBHPKO PIK-M CERAH Unram.

 

3. Struktur Pengurus

– Ketua         :Lalu M. Budiman Dodi

– Sekertaris  : Siril mustiawan

– Bendahara : Rinda Kustina

– Kordianator Konseling : Erni Hidayati

Anggota :

  1. Zainul Kabil
  2. Sarah Seri Rahayu
  3. Aidil Fitrian
  4. Rizal iswandi
  5. Endah Putri Lestari
  6. Isnaeni

– Koordinator Penyuluhan : Elly Oktaviani

Anggota :

  1. Siti Mardiana
  2. Zulham
  3. Heru hermansah
  4. Fajri
  5. Sri wahyuningsih
  6. Siska
  7. Sadli

– Koordinator Media : Ibnu Sajidi

Anggota:

  1. Irham hafiah
  2. Yogi
  3. Zahra
  4. Nur budi Marastuti
  5. Riza Hamkari Salam
  6. Virdi Sabrina Malaka
  7. Hidayatul Asri
  8. Firli Fradita

– Koordinator Kesekretariatan : Eni Safitri

Anggota :

  1. Sinar Rengganis
  2. Nurasiah Amini
  3. Siska
  4. Siti Nurlaila
  5. Siti Zohratul
  6. Baiq Puji Diana Lestari

 

4. Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan

– Kegiatan mingguan dan harian

  1. Peergroup discousion

Kegiatan ini dilakukan dengan cara berdiskusi dengan seluruh anggota pikm cerah unram untuk membahas suatu masalah remaja biasanya dipimpin oleh anggota yang lebih lama. Selain membahas masalah remaja, peer group ini juga dijadikan wadah untuk transfer knowledgeanggota lain yang telah mengikuti pelatihan. Kegiatan ini dilaksanakan setiap sabtu sore. Terkadang kegiatan ini dilakukan dengan cara insidental yaitu apabila waktu rapat hanya sedikit anggota yang hadir maka digantikan dengan peer group discusion.

  1. Konseling

Adapaun konseling pikm cerah unram dibuka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00. Calon klien meenghubungi konselor melalui SMS atau telpon lalu meminta bertemu untuk melakukan proses konseling atau haanya melalui sms dan telpon untuk curhat. Adapun masalah yang pernah ditangani oleh konselor pikm cerah yaitu remaja yang mengalami kehamilan yang tidak diinginkan. Adapun proses promosi konseling pikm cerah dilakukan di sosial media.

– Kegiatan bulanan

  1. Yasinan

Yaitu dilakukan dengan verkumpul di sekret pikm cerah untuk mengaji yasin bersama diakhir bulan. Namun., kegiataan ini tidak dilakukan dengan maksimal Karena hanya dilakukan satu kali diawal kepengurusan.

– Kegiatan tahunan

  1. Pik goes to sekolah dan Masyarakat

Daalam kegiatan ini kami melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah untuk berdiskusi dengan mereka terkait isu perkawinan anak. Kegiatan ini dilakukan di SMK PP MATARAM. Peserta pik goes to Sekolah berjumlah 25 orang.  Begitu juga dengan PIK go to Masyarakat ini di lakukan ke desa dager kecamatan Masbage. Kegiatan ini dilakukan dengan cara menampilkan film tentang perkawinan anak yang merupakan film buatan dari FP2PUP lalu peserta dibentuk menjadi beberapa kelompok diskusi . Topik yaang dibahas dalam dskusi tersebut adalah tentang perkawinan anak. Lalu setiap kelompok diminta untuk presentasi hasil diskusi mereka. Kemudian, fasilitator dari pikm cerah bertugas untuk meengklarifikasi tentang materi tersebut. Peserta teraktif yaang membagi ilmu tentang PUP seusai mengikuti pgts lalu diupload pada sosial media diberikan reward berupa pulsa sejumlah 20.000. Kegiatan ini dilakukan pada bulan Agustus.

  1. Peringatan hari remaja internasional dan hari narkoba internasional

Kegiatan ini dilakukan pada bulan agustus, berkerja sama dengan BKKBN Provinsi dengan  tema generasi EMAS. Peserta dalam kegiatan ini adalah semua masyarakat di area lokasi kegiatan yaitu udayana.

  1. Buka puasa bersama

Kegiatan ini dilakukan dibulan ramadhan dengan tujuan untuk silaturrahmi dengan seluruh keluarga pikm cerah yang terdiri dari anggota baik yang lama maupun baru, alumni dan pembina pikm cerah. Pada kegiatan ini juga dilakukan sesi uneg-uneg untuk membahas uneg-uneg antar anggota dan pengurus.

  1. Pemilihan Duta Kota Matram

Pemilihan ini di laksanakan oleh UKM PIK-M CERAH UNRAM berkerja sama dengan BKKBN Kota Mataram. Dimana peserta pemilihan dutanya adalah anggota PIK-M dimana anggota yang terpilih akan di kirim ke tingkat Provinsi.

5. Penerimaan Anggota Baru, November

6. Peringatan Hari Ulang Tahun PIK-M CERAH Unram, November

7. Peringatan hari aids, Desember

8. Kegiatan yang bersifat kerjasama dengan lembaga donor atau mitra lainnya

9. Kemah remaja be-Young bermitra dengan pasir putih

Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan agustus dengan peserta yaitu remaja se-Lombok Utara. Dalam kegiatan ini Pikm Cerah bekerjasama dengan Pasir putih mengadakan  peer group discosuin bersama dengan seluruh peserta kemah remaja tersebut. Setelah acara selesai, para anggota pikm cerah melanjutkan acara team building yaitu dengan makan bersama di rumah salah satu anggota yang dilanjutkan dengan acara jalan-jalan ke salah satu tempat wisata.

10. Pekan UKM tingkat UNRAM

Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan agustus merupakan kegiatan seluruh UKM Universitas yang diinisiasi oleh BEM unram dengan tujuan untuk memperkenalkan UKM kepada seluruh mahasiswa baru. Pikm cerah merupakan satu dari 25 UKM lainnya yang ikut berpartisipasi. Kegiatan ini diawali dengan pawai keliling unram menggunakan atribut masing-masing UKM. Pikm cerah, dalam kegiatan ini selain membawa atribut keorganisasian seperti bendera juga berusaha menjadikan momen ini sebagai ajang untuk mengkampanyekan Pendewasaan Usia Perkawinan dan STOP narkoba yaitu dengan menampilkan korban perkawinan anak dan para korban narkoba. Setelah pawai seluruh UKM menempati stand masing-masing untuk mengenalkan UKM nya kepada para maba yang menghampiri stand. Pikm Cerah selain mendirikan stand juga medirikan photobooth tentang stop narkoba yang merupakan hasil kerjasama dengan BNN kota Mataram.

11. Mengikuti acara sosialisasi GENRE di kantor BKKBN NTB dan hotel golden legiy dan Pokja KPA kota Mataram.

Pikm cerah beberapa kali diundang oleh BKKBN untuk mengikuti acara sosialisasi tentang genre. Adapun yang menjadi delegasi untuk acara tersebut adalah anggota yang berbeda seperti misalnya zulham, Rahmawati, Rizal Iswandi dan lain-lain. Adapun Pokja merupakan acara yang dihadiri oleh SKPD-SKPD se-kota mataram adapun pikm cerah hanya mewakili pembina. Tindak lanjut dari kegiatan Pokja yaiut delegasi membagikan ilmu atau imformasi yang didapat dalam acara pokja tersebut kepada anggota pikm cerah. Delegasi pikm cerah untuk acara Pokja yaitu Budiman

12. Mengikuti acara sarasehan remaja

Pada kegiatan ini pikm cerah mengirim 4 delegasi yaitu 1 satu orang ( Arif Wahyu Fajri) dan 3 orang lain yaitu Zulham, Zaetun dan Juwaidin yang merupakan peserta. Setelah mengiktui acara sarasehan remaja peserta tersebut membagikan ulasan acara si sosial media dan di tandai ke fb pikm cerah.

13. Berkunjung ke yayasan Pasir Putih

Kegiatan ini dilakukan oleh tim media pikm cerah unram yaitu Riza, Yogi dan Nur Budi. Dalam kegiatan ini tim media berdiskusi tentang pembuatan film dengan para anggota yayasan pasir putih.

 

5. Foto Kegiatan

Foto-foto kegiatan UKM PIK-M CERAH Universitas Mataram dapat dilihat disini